Jumat, 28 Juni 2013

Mengembalikan Default Search Engine pada Mozilla Firefox

Default Search Engine pada Mozilla Firefox ataupun pada browser lainnya bisa berubah karena anda menginstal suatu software yang berasal dari Internet, dimana ada program "tumpangan" yang ingin juga diinstal, misalnya As* Toolbar, Del**Soft, Swe**, Bab** dan lain-lain.
Untuk mengembalikan Default Search Engine pada Mozilla Firefox bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Cara yang paling mudah adalah dengan mengetikkan perintah pada "firefox.exe -safe-mode" pada RUN command di windows. Klik Start - Run - ketik "firefox.exe -safe-mode" lalu enter, akan muncul jendela program baru, tinggal pilih "restore default search engine" lalu tekan "make changes and restart". Selesai
  2. Cara yang lainnya adalah dengan menghapus langsung file plugin search engine tersebut, yang biasanya terletak pada : "C:\Program Files\Mozilla Firefox\" jika ditemukan file search engine pluggin tersebut, langsung saja tekan "shift+del" (menghapus secara permanen) dan "OK"
  3. Cara yang lebih maksimal lagi adalah dengan menggunakan fasilitas "about:config" pada Firefox dan mengganti beberapa setting / mengembalikan beberapa setting dengan setting default, misalnya Search Engine dengan "Google". Ketik "about:config" pada address-bar, tekan Enter dan konfirmasikan pada pesan yang muncul "...i promise" lalu ketikkan pada kolom pencarian "Browser.search.selectedEngine" lalu dari hasil yang ditampilkan klik kanan dan silahkan lakukan perubahan dengan memilih Edit atau Restore. Ulangi pada kolom pencarian dan ketikkan "keyword.url" lalu dari hasil yang ditampilkan klik dua kali dan isikan "http://www.google.co.id/search?q=" lalu oke/save. Restart Mozilla Firefox atau tekan F5.
  4. Langkah terakhir tetapi ini yang paling PENTING adalah dengan membuang program tersebut dari komputer anda. Hal ini pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, tetapi pada kesempatan ini, cukup dengan satu cara, yaitu dengan masuk pada "Control Panel" pilih "Add and Remove Program" lalu cari program tersebut (As* Toolbar, Del**Soft, Swe**, Bab** dan lain-lain) dan pilih "Remove".
Demikian semoga membantu.
Sumber :
- Support Mozilla Indonesia
- KiosKea.Net
- gambar pada Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar anda, komentar yang mengandung SARA akan kami hapus. Terima kasih.